YAYASAN


Sejarah berdirinya YPI ARRAHMANIYAH

Lahir didorong  oleh semangat  dan rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Umi Hj. Romelah binti H. Asnawi merintis penyelenggaraan sebuah pendidikan sederhana yang diasuh oleh beliau bersama dengan putra puterinya yaitu : Hj. Mariyam, Hj. Munawaroh dan H. Abdussomad Rahman bertempat di wilayah yang dikenal Ratu Jaya Depok. Dengan jumlah murid pertama sebanyak 7 orang puteri yang kemudian diberi nama Pondok Pesantren Poetri Wanita Indonesia yaitu pada tanggal 17 Rajab 1369 H/ 24 Agustus 1948 M  inilah cikal bakal Yayasan Pendidikan Islam Arrahmaniyah.


Pada tahun 1949 Abdussomad membuka pendidikan     formal yaitu  Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Athfal (MISA) 7 puteri pertama tadi  sebagai siswa angkatan pertama, sampai mendapat izin dari pemerintah melalui kantor Departemen Agama pada tahun 1952, dan meluluskan angkatan pertama pada tahun 1957. Pada tanggal 25 Agustus 1960, mendirikan Pendidikan Guru Agama (PGA) mualimin 4 tahun dari tingkat PGAP sampai PGAA. Selanjutnya pada tanggal 14 Agustus 1969 dikembangkan menjadi PGA 6 tahun, berdasarkan ketentuan Pemerintah melalui Departemen Agama, sebagian siswa tinggal diasrama pesantren.

Pada tahun 1968, H. Abdussomad Rahman bersama saudara-saudarinya beserta  dengan para sahabat yang konsisten dibidang pendidikan mengorganisir dan melembagakan pendidikan menjadi Perguruan Sirojul Athfal (PSA). Dan pada saat yang sama beliau juga membentuk persatuan Majelis Ta'lim Ibu-ibu yang diberi nama Ikatan Dakwah Wanita Islam (Ikdawati) yang dipimpin oleh Ustazah. Hj. Munawaroh Ali.

Pada tahun 1972,  nama lembaga Perguruan Sirojul Athfal  ( PSA ) ditambah dengan kata “ Arrahmaniyah”, maka lembaga ini bernama menjadi PSA Arrahmaniyah. Kata Arrahmaniyah diambil dari kata Rahman, yaitu diambil dari nama ayahanda dari H. Abdussomad Rahman yaitu KH. Abdurrahman bin Asyari, yang merupakan muwaqif tanah yang diatasnya dibanguna sarana pendidikan YPI  Arrahmaniyah. Kata Arrahmaniyah yang berasal dari kata “Rahman” yang memiliki makna Kasih Sayang, dikandung maksud Kasih Sayang Lembaga dan perhatian terhadap nasib pendidikan anak bangsa.

Pada tahun 1977, seiring dengan dihapusnya PGA yang dikelola oleh lembaga pendidikan swasta sesuai ketentuan pemerintah, maka sebagai pengganti PGA didirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) setingkat dan sederajat SMP, bersamaan dengan itu dikembangkan pula unit pendidikan Madrasah Aliyah (MA) setingkat dan sederajat SMA, kedua unit lembaga tersebut adalah dibawah binaan Departemen Agama, cukup berkembang sampai sekarang. Pada tahun yang sama didirikan Madrasah Diniyah (MD) sebuah pendidikan non-formal untuk anak-anak luar sekolah, dan pada tahun 1979 Madrasah diniyah diganti dengan Raudlatul Athfal (RA) sederajat dengan Taman Kanak-kanak (TK),

Pada tahun 1981 PSA Arrahmaniyah memantapkan keberadaannya dengan mencatatkandiri  dalam badan hukum  sebagai badan  usaha yang bergerak dalam dunia pendidikan, yaitu terdaftar dalam Akte Pendirian Yayasan yang dikeluarkan oleh Notaris Koesnoen, SH, Nomor ; 3 tanggal 8 Desember 1981, dengan nama melepas kata PSA di depannya sehingga menjadi YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ARRAHMANIYAH (YPIA).
Dengan dilandasi  legalitas formal sebagai  yayasan pendidikan serta di dukung oleh masyarakat dan
pemerintah, pada tahun awal 1982 YPI  Arrahmaniyah melebarkan sayap mengembangkan pendidikan umum dibawah binaan Depdikbud saat itu, yaitu mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang kemudian diberi nama SMA Arrahman, izin pendirian keluar pada tahun 1985.

Kemudian pada tahun 1985 mendirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diberi nama SMP Arrahman, izin pendirian dari Depdikbud keluar pada tahun 1988. Kedua unit pendidikan ini berkembang sangat pesat bahkan cukup banyak perhatian pemerintah atas kehadiran dua lembaga pendidikan tersebut, ini terwujud dalam bentuk bantuan yang disumbangkan oleh pemerintah seperti sarana Laboratorium IPA, Perpustakaan, dan lain-lain. Disamping itu pula perkembangan unit-unit pendidikan dibawah binaan Departemen Agama seperti Raudhatul Athfal (RA)  setingkat TK , Madrasah Ibtidaiyah (MI) setingkat SD , MTS setingkat SLTP dan MA yang setingkat SLTA.

Pada tahun  1992  YPI  Arrahmaniyah  mendirikan dan  membangun sebuah Perguruan Tinggi  yaitu  Universitas Arrahmaniyah  ( UNIRA ) dengan mengembangkan 7 (tujuh) fakultas dalam satu kampus, namun dalam perjalanan dan perkembangannya tidak sebaik dengan niat yang ditanamkan dalam hati pengabdian Arrahmaniyah, tahun 1995 UNIRA dibubarkan.
Arrahmaniyah terus maju dan membangun fisik materil maupun moril spirituil, sehingga lembaga pendidikan ini dapat berguna bagi masyarakat dan bangsa dibawah kepimimpinan Abuya KH. Abdussomad Rahman Fadil.

Pada tahun 1997, para pimpinan  YPI Arrahmaniyah mengembangkan satu unit pendidikan  setingkat SLTA yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang ekonomi dalam rangka memenuhi  kebutuhan  masyarakat  akan  pendidikan  kejuruan  sejenis  SMK  ini. Pada tahun yang sama, dengan semangat dan cita-cita mendirikan perguruan tinggi, Para pendiri dan pimpinan YPI Arrahmaniyah mengembangkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang diberi nama STKIP Arrahmaniyah Depok, program strata satu (S1) dengan program studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Program studi Pendidikan Biologi. Semangat membangun perguruan tinggi ini didukung oleh rasa simpati pendiri dan pengurus YPI Arrahmaniyah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum mampu melanjutkan putera/puterinya ke sekolah tinggi atau perguruan tinggi dan sampai saat ini sudah dapat meluluskan 1300 lebih sarjana pendidikan dengan sudah dilaksanakan wisuda  ke XI.Insya Allah pada tahun 2011 ini, STKIP Arrahmaniyah Depok akan Program studi     Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Pascasarjana untuk Megister Pendidikan. Dalam bidang usaha ekonomi, YPI Arrahmaniyah juga  mendirikan sebuah Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) yang didirikan tahun 1984. Dengan membuka usaha Waserda, Simpan Pinjam dan Baitul Mal Wattamwil (BMT) dan percetakan. Bidang ekonomi ini dapat membantu menunjang perekonomian YPI Arrahmaniyah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan dan melanjutkan pembangunan fisik sarana dan prasarana YPI Arrahmaniyah serta kegiatan sosial dan keagamaan.
Pada Tahun 2009, ditengah-tengah puncak peringatan Miladiyah Ke-60 YPI     Arrahmaniyah pada tanggal 20 Juni 2009, KH. Abudssomad Rahman Fadil  dalam usiia 78 tahun menyerahkan tapuk kepemimpinan Ketua Umum YPI Arrahmaniyah dan Pengasuh Pondok Pesanteren Arrahmaniyah kepada putranya yang pertama yaitu KH. Abudin Somad untuk melanjutkan estafet perjuangan pendidikan bersama putra-putrinya yang lain.
Pada tahun 2010, dengan menyesuaikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2004 tentang Yayasan, maka YPI Arrahmaniyah melakukan perubahan akte pendirian Yayasan, yaitu Akte Pendirian Yayasan Notaris ; Ahmad Budiart0, SH, M.Kn, Nomor ; 02, tanggal 20 Juli 2010, dengan nama Yayasa Pendidikan Islam Arrahmaniyah Depok, berdasarkan Pengesahan Yayasan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Dirjen Aministrasi Hukum Umum Nomor : AHU.3939.AH 02.04.Tahun 2010, tanggal 16 September 2010.

VISI MISI YPI ARRAHMANIYAH
    VISI 
Memajukan pendidikan berlandaskan Iman dan Taqwa mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan menyeimbangkan antara Pendidikan Umum dan Pendidikan Agama, pendidikan modern dan pendidikan tradisional. 

MISI

a.    Mencetak peserta didik yang dapat berilmu amaliah, beramal
        ilmiah dan berakhlakul karimah.

b.    Mempersiapkan peserta didik yang mempertahankan dengan
        teguh nilai-nilai tradisional yang baik dan menerima dan
        menggali nilai-nilai modern yang lebih baik melalui pendidikan
        dengan memadukan sistem pendidikan modern dengan
        pendidikan pesantren dalam rangka menuju masyarakat madani.

c.    Mengembangkan lembaga pendidikan unggulan yang
        memadukan pengetahuan dan keterampilan, antara ilmu-ilmu
        agama dan ilmu-ilmu umum.

d.    Mencetak sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan
        konsisten dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan dalam
        kancah regional, nasional dan internasional.

e.    Memberikan beasiswa dan santunan bagi peserta didik yang
        berpretasi, kurang mampu dan pembinaan kader-kader penerus
        masa depan bangsa dan negara.

TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

A.    Tenaga Pendidik adalah sarjana S1 dan S2, lulusan Perguruan tinggi Negeri dan
            swasta  yang sudah terakreditasi.

B.    Tenaga Pendidik di YPI Arrahmaniyah sebagian besar sudah bersertifikasi guru
            profesional dan sudah mengabdi rata-rata 2 s.d 15 tahun.

C.    Tenaga Kependidikan adalah sarjana S1 dan S2 bidang manajemen dan
            memiliki keahlian bidang manajemen komputer.



PIMPINAN YAYASAN ,
KEPALA SEKOLAH DAN  MADRASAH


Pimpinan Yayasan

1. Ketua Umum          :  KH. Abudin Somad, S.Pd.I
2. Sekretaris               :  Mohamad Abduh, S.Ag, MM
3. Bendahara              :  H. Waisul Qurni Somad, S.Ag
4. Bag. Rumah Tangga : Chon Anshori
5. Kepala LPK            : M. Ikbal Fauzi


Kepala  Sekolah dan Madrasah

1.   Kepala RA       :  Hj. Wiwi Nahwiyah, S.Pd.I
2.   Kepala TPA      :  Hj. Aminah Abudin, S.Pd.
3.   Kepala MI        :  Hj. Nurjanah, S.Pd.I
4.   Kepala MTs      :  KH. Abudin Somad S.Pd.I
5.   Kepala SMP     :  Ahmad Purqon, S.IP, M.Si
6.   Kepala MA       :  Mohamad Abduh, S.Ag, MM,
7.   Kepala SMA     :  Isramiarti, S.Pd.
8.   Kepala SMK     :  Ahmad Fahri, S.Sos, MM.
9.   Ketua STKIP    :  DR. H. Memed Karmedi, MM.


Mohon maaf masih dalam perbaikan Informasi saran : M. Abduh 08111775571 Mohon Masing-masing unit mengirimkan materi via email ypiarrahmaniyah@gmail.com